Resep Aneka Masakan Menu Buka Puasa Dan Sahur Praktis

Advertisement
Advertisement
Resep Masakan Menu Buka Puasa Dan Sahur - Dari tahun ke tahun tak terasa sudah berbulan puasa lagi mungkinlah ini saatnya yang di nanti-nanti untuk kaumuslimin walmuslimat saat menjelang bulan yang penuh hikmah dan banyak berkah yaitu bulan ramadhan.

Pada bulan ramadhan ini khususnya kita umat islam akan menjalankan ibadah yang penuh berkah yakni ibadah rukun islam yang ke tiga yaitu Puasa atau juga bisa di sebut saum di bulan ramadhan selama satu bulan penuh. Mungkin berhubung dengan adanya puasa di bulan ramadhan pastinya ada saat yang di nanti-nanti yaitu berbuka puasa atau sahur.

Nah dan kali ini mungkin anda-anda semua pastinya banyak kebingungan untuk mencari-cari ide untuk masakan atau santapan yang harus di makan pada mejelang buka puasa nanti atau sahur,Maka dari itu saya akan mencoba memberikan resep makanan atau masakan yang mungkin bisa anda peraktekan di rumah.

Resep Aneka Masakan Menu Puasa Ramadhan

Pastinya anda yang ingin membuat menu buka puasa ingin membuat resep menu masakan ramadhan yang special ,Bergizi ,Sehat dan memberikan stamina pada tubuh anda,Dan mungkin kali ini saya akan memberikan Resep pembuka Puasa dulu Seperti Resep Kolak Biji salak dan setelah itu menu makanan,Dan menu makanan nya sangatlah simpel jika anda bener-bener ingin mencoba atau memperaktekan di rumah,
Lansung saja simak di bawah ini.

Resep Menu Pembuka PuasaKolak Biji Salak

Resep Menu Pembuka Puasa Kolak Biji Salak.

*1000 ml air.
*1 kg ubi merah kukus.
*250 gram tepung sagu.
*400 gram gula jawa.
*250 ml santan kental.
*4 lembar daun pandan.
*Garam secukupnya.

Cara-Cara Membuatnya :
1.Sangatlah simpel Langkah pertama anda harus membuat biji salak terlebih dahulu dengan cara menghaluskan Ubi Merah kukus yang anda telah siapkan setelah itu tambahkan tepung sagu kedalam Ubi dan aduk-aduk hingga rata.
2.Langkah keduanya Ubi merah kukus dan tepung sagu yang telah anda ratakan bentuklah atau bulatkan seperti biji salak,kalau ukuran membulakan nya itu terserah anda saja pastinyakan semua orang mempunyai selera masing-masing,Lansung saja ke tahap berikutnya.
3.Langkah Ketiga anda membuat kuah atau penis nya dengan cara memasak air 1000ml di usahakan air tersebut mendidih setelah mendidih lalu masukan gula yang 400 gram tadi lalu aduk-aduk,Jika gulanya sudah bercair atau bersatu dengan air lalu kecilkan apinya.
4.Langkah Ke empatnya,Masukan Ubi dan tepung yang telah anda bulatkan seperti biji salak kedalam kuah atau pemanisnya kemudian anda tunnggu sebentar hingga Bulatan biji salaknya mengambang di permukaan kuah.
5.Langkah Ke lima , Jika sudah matang Tuangkan dan dinginkan di dalam makok,Jika sudah dingin Kolak Biji Salak Siap Untuk anda Cicipi dan dihidangkan di meja makan.

Setelah membuat makanan pembuka buka puasa saatnya resep keduanya yaitu masakan simpel,Mungkin bahan-bahannya sangatlah special tapi caranya itulah yang simpel yang bisa anda praktekan di rumah.. Tapi bahan-bahannya anda cari saja di pasar terdekat di dekat rumah anda.

Resep Menu Buka Puasa Masakan Empal Daging Goreng

Resep Menu Buka Puasa Masakan Empal Daging Goreng.

*1 kg daging sapi.
*4 siung bawang putih iriskan.
*8 siung bawang merah iriskan.
*4 sdm asam.
*2 ruas jari lengkuas.
*4 sdm gula jawa.
*4 sdt ketumbar bubuk.
*1 sdt jintan.
*Garam secukupnya.
*Merica secukupnya.
*Minyak goreng secukupnya.
*Bawang goreng untuk taburan.
*Santan.

Cara-Cara Membuatnya :
1.Langkah pertama , Rebus dulu daging kedalam air yang mendidih setelah dagingnya terlihat sudah matang lalu masukan santan yang anda telah siapkan tadi jika sudah terlihat kental angkat lalu dinginkan.
2.Langkah kedua , Irislah tipis-tipis daging sapi yang telah anda rebus tadi dan pukul-pukul hingga melebar.
3.Langkah Ketiga , Kemudian larutkan asam dan gula jawa dengan sedikit air rebusan daging tadi lalu taburi dengan bumbu-bumbu di atas yang telah anda iriskan biar lebih simpelnya lagi haluskan saja bumbunya.
4.Langkah Ke Empat Siap Gi Goreng , Goreng Daging Tadi dengan Bumbu yang telah di iris atau yang telah di haluskan dengan minyak Goreng secukupnya Hingga Kering, Setelah Itu Angkat Dan Dinginkan.
5.Langkah Kelima , Jika Sudah Dingin Masakan Resep Empal Goreng Daging Siap Di hidangkan Dan Siap Di Santap Bersama Keluarga Anda.

Resep Menu Puasa Resep Sayur Sop

Resep Menu Puasa Resep Sayur Sop

*½ ekor ayam broiler, potong jadi 10 bagian
*1.5 liter air
*100 gr wortel, iris bulat tebal 1 cm
*100 gr kentang, iris dadu 2 cm
*150 gr kembang kol, iris per kuntum
*100 gr daun kol, iris ukuran 3x3 cm
*3 batang daun bawang, iris 2 cm
*3 batang daun seledri, ikat simpul
*100 gr makaroni, rendam air panas
*Bumbu halus:
*3 butir bawang merah
*3 siung bawang putih
*1 sdm merica butir
*2 sdt garam
*½ sdt gula pasir
*1 sachet bumbu kaldu ayam

Cara-Cara Membuatnya :
*Rebus ayam hingga matang, angkat. Saring air rebusan ayam. Tambahkan 500 ml air dan didihkan kembali.
*Sementara itu, tumis bumbu halus hingga harum. Pindahkan tumisan bumbu ke dalam panci kaldu.
*Masukkan kentang, wortel dan daun seledri, masak hingga setengah matang.
*Masukkan kembang kol, daun kol, ayam rebus, masak hingga semua sayuran hampir matang. Lalu masukkan daun bawang dan makaroni. Biarkan sebentar hingga semua bahan matang. Angkat, sajikan hangat.

Itulah Menu Masakan ramadhan Menu Buka Puasa dan sahur sebulan yang praktis diet sehat, yang telah kami sajikan untuk anda praktekan di rumah,Dan mungkin artikel sederhana ini bisa membantu anda dalam segala urusan memasak Resep Menu Buka Puasa di rumah anda. Dan para ibu juga harus siap-siap membuat makanan untuk menjelang hari raya idul fitri, seperti membuat resep kue kering atau kue cubit dan masih banyak untuk anda pilih di dalam situs ini (Zimosy.com). Selamat mencoba dan moga trick Tips ini Bermanfaat bagi anda. Bagikanlah artikel Sederhana ini melalui Google+ ,Twitter atau juga Facebook.

Advertisement