Resep Cara Membuat 4 Bolu Kukus Coklat Empuk

Advertisement
Advertisement
Resep Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Empuk/Enak - Sempatkah anda bikin kue bolu? Serta tahukah anda langkah bikin bolu kukus atau panggang? Mungkin saja sebagian dari anda sudah tahu serta pernah membuatnya. Tetapi bila jawabannya tak, jadi tersebut bakal anda simak langkah bikin bolu kukus yang enak serta empuk. Seperti yang sudah anda kenali pada awal mulanya bahwa bolu yaitu type kue yang terbuat dari kombinasi tepung, telur serta sebagian bahan yang lain yang digabung jadi satu serta di tuang ke satu wadah yang lalu seluruhnya kombinasi bahan itu bakal di kukus didalam panci maupun di panggang didalam oven.

Dari penjelasan itu telah terang bahwa ada dua type kue bolu. Bila sistem akhir dari kue itu yaitu di kukus, jadi itu yaitu bolu kukus, demikian sebaliknya bila sistem pada akhirnya yaitu di panggang pada oven, jadi nama dari kue itu yaitu kue bolu panggang. Type kue ini sangatlah disenangi oleh anak-anak lantaran terasa yang manis serta enak. Serta nyatanya kue ini dapat jadi favorite untuk beberapa orang dewasa lantaran teksturnya yang lembut. Oleh karenanya, tak salah bila anda tahu langkah bikin bolu kukus yang enak serta nikmat.

Kue bolu benar-benar sangat lezat, tetapi bila anda lakukan satu kekeliruan dalam sistem membuatnya, jadi telah bisa di yakinkan kue bolu anda bakal tidak berhasil. Bolu yang tidak berhasil bisanya bakal gosong atau bantat atau bahkan juga merasa sedikit pahit atau orang jawa menyampaikan dengan arti “getar”. Oleh karenanya, sangatlah utama sekali buat anda tahu langkah bikin bolu kukus yang benar. Umumnya kue bolu kukus bakal gosong lantaran anda memasaknya melebihi saat yang sudah di tetapkan atau dapat pula lantaran olesan mentega pada loyang cetakan kurang banyak atau kurang rata.

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Empuk dan Enak

Bahan yang terlalu berlebih dapat juga menyebabkan kegagalan. Satu diantara misalnya andalah bila anda memasukan terlampau banyak pengembang, jadi kue bakal mengembang semakin besar daripada umumnya. Tetapi, dampak jelek dari hal semacam ini yaitu bolu bakal merasa sedikit pahit. Serta tentu ini bakal kurangi kelezatan kue yang anda bikin. Diluar itu, manajemen saat juga mesti sesuai sama tata langkah bikin bolu kukus yang sudah di tetapkan. Bila anda kurangi saat pada prosesnya, ini dapat bakal berimbas pada hasil akhir. Satu diantara misalnya yaitu saat yang diperlukan dalam mengocok telur serta gula.

Bila waktunya kurang, jadi adonan akan tidak mengembang dengan prima. Serta ini bakal mengakibatkan kue bolu jadi bantat serta jadikan bolu tampak mungil serta tak lembut waktu di makan. Untuk hindari segalanya yang bisa menggagalkan sistem pembuatan, tersebut bakal di hidangkan langkah bikin bolu kukus yang benar.

Resep Bolu Kukus Batik Kopi Coklat

Resep Bolu Kukus Batik Kopi Coklat

Bahan-bahan

* Telur ayam 3 butir
* Gula pasir 75 gram
* Cake emulsifier/SP 1 sdt
* Kopi instan 1 sdm, larutkan dengan 2 sdm air panas
* Tepung terigu 75 gram
* Tepung maizena 1,5 sdm
* Margarin 75 gram, lelehkan
* Susu cair 75 ml
* Pasta coklat 1 sdm
* Selai coklat 50 gram

Cara membuat

* Campur telur, gula, cake emulsifier, dan kopi instan. Kocok hingga mengembang dan kaku.
* Masukkan campuran terigu dan maizena, aduk hingga rata.
* Tuang margarin dan susu perlahan sambil diaduk hingga rata.
* Ambil dua sendok sayur adonan, tambahkan pasta coklat dan aduk rata. Masukkan dalam plastik segitiga.
* Semprotkan adonan coklat bergaris dengan jarak 1-2 cm.
* Tarik garis lurus pada adonan dan buat arah bolak balik sehingga membentuk motif batik.
* Kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan. Balik dan oles dengan selai coklat. Gulung dan padatkan. Sajikan.

Resep Bolu Kukus Coklat

Resep Bolu Kukus Coklat

Bahan-bahan

* Coklat masak pekat 125 gram, lelehkan
* Minyak salad/goreng 50 ml
* Margarin 50 gram, lelehkan
* Susu kental manis 50 ml
* Telur ayam 4 butir
* Gula pasir 180 gram
* Cake emulsifier/SP 1 sdt
* Tepung terigu protein sedang 100 gram
* Coklat bubuk 1 sdm
* Coklat pasta 1sdm

Cara membuat

* Campur coklat, minyak, margarin, dan susu kental manis. Aduk rata, sisihkan.
* Kocok telur, gula, dan SP hingga putih dan kental
* Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sambil diaduk hingga rata
* Tuang campuran coklat masak pekat perlahan sambil diaduk hingga rata.
* Tuang adonan dalam loyang 20x20 cm beralas kertas roti dan bersemir margarin.
* Kukus adonan hingga matang selama 30-40 menit. Angkat dan dinginkan.

Resep Bolu Coklat Jar (toples)

Resep Bolu Coklat Jar (toples)


Bahan-bahan

* Telur ayam 2 butir
* Gula pasir 75 gram
* Cake emulsifier/SP ½ sdt
* Tepung terigu 75 gram
* Margarin 25 gram, cairkan
* Cokelat masak pekat 25 gram, lelehkan
* Susu cair 25 ml
* Selai coklat 100 gram

Cara membuat

* Kocok telur, gula pasir dan SP hingga putih dan mengembang
* Masukkan terigu, aduk melipat hingga rata. Tuang margarin cair, susu cair, dan coklat leleh, aduk rata.
* Tuang 1 sendok sayur adonan stoples/gelas mungil
* Kukus adonan selama 5 menit , angkat
* Tambahkan 2 sdm selai coklat
* Tuang 1 sendok sayur adonan. Ulangi kegiatan melapis sekali lagi, kukus selama 10 menit. Angkat dan sajikan, dinginkan.

Resep Bolu Gulung Coklat

Resep Bolu Gulung Coklat

Bahan-bahan

* 12 kuning telur
* 1 putih telur
* 100 g gula pasir
* 50 g tepung terigu
* 10 g tepung maizena
* 25 g coklat bubuk
* 125 g mentega, kocok
* ¼ sdt vanili bubuk
* 175 ml susu cair
* 50 g gula pasir
* 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
* 1 kuning telur, kocok lepas
* 1 sdm rhum (bila suka)
* 5 potong buah peach kalengan (dari 1 kaleng), potong dadu kecil
* 200 g raspberry segar
* 150 g gula pasir
* 100 ml air

Cara membuat

* Siapkan loyang ukuran 38x26x3 cm, alasi dengan kertas roti, olesi dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung. Panaskan oven pada suhu 180C dan aktifkan api atas.
* Kocok telur bersama gula hingga kental dan putih. Campur tepung terigu dan tepung maizena, ayak. Masukkan campuran tepung terigu-maizena dan coklat secara bertahap ke dalam campuran telur-gula, aduk hingga rata. Tambahkan mentega kocok sedikit demi sedikit, tambahkan vanili, aduk rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan.
* Masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama 15 menit hingga matang. Keluarkan loyang dari oven. Keluarkan cake dari loyang dengan cara dibalik di atas kertas roti yang sudah ditaburi gula bubuk. Gulung hati-hati berikut kertas masih menempel, hingga tercetak bentuk gulungan. Biarkan hingga dingin.
* Rebus susu bersama gula di atas api kecil hingga mendidih. Campur larutan maizena dan kuning telur, aduk rata. Ambil 50 ml rebusan susu, masukkan ke dalam larutan tepung maizena, aduk rata. Tuang kembali ke dalam rebusan susu, aduk dan masak hingga vla mengental. Tambahkan rhum (bila suka) dan potongan peach, aduk rata, angkat dan dinginkan.
* Buka gulungan kue, oleskan vla di permukaan kue, ratakan. Gulung kue hingga padat, sambil membuang kertas alasnya. Bungkus lagi kue dengan kertas baru, biarkan beberapa saat agar gulungan lebih kokoh. Setelah itu, buka kertas pembungkusnya, potong-potong, sajikan dengan saus.
* Masukkan raspberry dan gula pasir ke dalam panci, aduk hingga raspberry agak hancur dan gula larut. Masak hingga mengental, tambahkan air. Aduk sebentar hingga mendidih, angkat.


Langkah bikin bolu kukus yang telah diterangkan diatas sangatlah gampang serta praktis, bukan? Dengan sekian kali latihan, anda juga bakal memperoleh bolu kukus yang prima. Dan anda juga bisa lihat resep masakan yang lainnya yang sudah kami buat dalam artikel sebelumnya yaitu resep brownies kukus, bolu kukus pelangi lembut, bolu kukus marmer, bolu kukus sprite, aneka resep kue kukus, bolu kukus mekar, bolu kukus gula merah dan resep membuat kue kering.

Advertisement