Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunah Senin Kamis Menurut Islam

Advertisement
Advertisement
Manfaat Dan Keutamaan Puasa Senin Kamis - Sama seperti yang sudah kami ulas dalam artikel yang sebelumnya, yang mengenai doa niat puasa sunah senin kamis. Pernah kami bilang bahwa puasa senin kamis banyak sekali manfaatnya dan juga keutamaannya yang sangat luar biasa.

Pastinya ada seseorang yang bertanya apa manfaat puasa senin kamis?? atau kenapa umat muslim ada yang melaksanakan puasa sunah senin atau puasa kamis??. Nah sekarang perlu kalian semua ketahui, bahwa Rasulullah SAW dilahirkan pada hari Senin, dan pada hari senin itu pula Rasulullah saw mendapatkan wahyu dari Allah SWT.

Dan juga pada hari senin dan kamis amalan-amalan kita diangkat. Maka dari itu apakah kita sudah mengamalkan puasa senin kamis? Dan semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu mengamalkan puasa-puasa sunah salah satunya puasa sunah senin kamis dengan melaksanakannya secara rutin.

Gambar Manfaat Puasa Senin Kamis

Bagi anda yang belum tahu cara niat puasa senin kamis, silahkan saja anda hapalkan terlebih dahulu niatnya yang sudah kami berikan di dalam artikel yang sebelumnya, atau tinggal anda klik saja link berikut ini niat puasa senin kamis

Disini kami akan memberikan beberapa Hikmah manfaat dan keutamaan dari puasa sunah senin kamis menurut islam.

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya :
Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Artinya :
Dari ‘Aisyah -radhiallahu ‘anha- : bahwa Nabi -sholallahu ‘alaihi wasallam- sering melakukan puasa senin dan kamis. (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim)

Inilah hikmah puasa yang paling utama. Allah berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Al-Baqarah: 183)

Jadi itulah manfaat dan keutamaan puasa sunah senin kamis menurut islam yang sudah kami sampaikan. Semoga setelah kita mengetahu manfaat puasa senin kamis, kita selalu mengamalkan dengan secara rutin puasa di hari senin dan kamis.

Advertisement